Bangun SDN di Konawe, Ini Misi Yayasan Andrew Zhu & Tony Zhou

Jakarta, CNBC Indonesia – Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou membangun infrastruktur gedung sekolah Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Porara, Desa Morosi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Pembangunan gedung sekolah ini merupakan dukungan dalam pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pendiri Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou, Zhou Yuan menjelaskan bahwa generasi muda merupakan pilar penting dalam kemajuan bangsa. Perkembangan daerah juga erat kaitannya dengan tingkat pendidikan di daerah tersebut.

Dia pun menyadari pentingnya memberikan dukungan dan menghadirkan sarana pendidikan serta lingkungan belajar layak dan inspiratif bagi masyarakat khususnya anak-anak.

“Sejak 10 tahun yang lalu, kami melalui PT Virtue Dragon Nickel Industry telah berinvestasi di sini. Masyarakat setempat telah memberikan kami dukungan serta bantuan. Selama itu juga kami berusaha mengembangkan perusahaan dengan tujuan akhir untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Kami juga menyadari bahwa perusahaan dan masyarakat telah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Saya berharap melalui sekolah ini, dapat membantu anak-anak setempat mewujudkan cita-citanya,” kata Zhou beberapa waktu lalu.

Zhou menambahkan bahwa pihaknya selalu berkolaborasi untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia guna mendorong perekonomian daerah.

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dari pemerintah dan dinas pendidikan untuk terus meningkatkan pendidikan di daerah melalui tindakan nyata dalam menumbuhkan lebih banyak talenta yang terampil, sehingga dapat mendorong kemakmuran dan kemajuan ekonomi lokal,” tambahnya.

Gedung SD Negeri 1 Porara yang terletak di Desa Morosi ini mulai direncanakan untuk dibangun sejak akhir 2022, dengan total dana pembangunan termasuk sarana dan prasarananya mencapai sekitar Rp 11 miliar. Gedung yang berdiri di atas lahan 4500 meter persegi (m2) ini dibangun dua lantai, terdiri dari ruang kelas, ruang kantor guru, area fasilitas olahraga, serta ruang aktivitas lainnya.

Struktur utama bangunan menggunakan beton yang dirancang dengan tingkat ketahanan dari gempa serta mampu menampung hingga total 600 siswa. Gedung sekolah ini selanjutnya diserahterimakan ke dinas pendidikan setempat.

Pejabat Bupati Kabupaten Konawe memberikan apresiasinya kepada Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou atas perannya dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe. Menurut dia, hal ini menjadi contoh sektor swasta dapat berperan dalam pembangunan berkelanjutan.

“Saya mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Konawe ingin mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou atas kemurahan hatinya. Saya mengagumi kemurahan hati, sentimen internasional, dan visi global Bapak Zhou Yuan. Ia selalu mengabdi pada Kabupaten Konawe di mana ia telah memberikan kontribusi signifikan terhadap mata pencaharian, pendidikan, dan perekonomian masyarakat setempat di Kabupaten Konawe,” imbuhnya.

Dia juga menambahkan bahwa inisiatif dari Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou turut mendorong perekonomian di Kabupaten Konawe saat ini.

“Di sisi lain dari segi taraf hidup masyarakat, tingkat pendidikan, dan keterampilan juga terus meningkat, serta indeks kebahagiaan ikut terus meningkat. Melihat sekolah yang indah ini, saya bisa membayangkan betapa bahagianya anak-anak yang bersekolah di dalamnya dan para orang tua. Para siswa juga bangga akan hal itu. Perbuatan filantropi Bapak Zhou Yuan akan dikenang selamanya. Memasuki sejarah Kabupaten Konawe, masyarakat Kabupaten Konawe akan selamanya mengingatnya,” pungkas dia. https://brewokkiri.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*