Raja HP China di 2023, Huawei Kalah di Kandang Sendiri

Jakarta, CNBC Indonesia – China merupakan pasar smartphone global dengan basis konsumen yang besar. Negara ini juga punya banyak produsen smartphone yang mendunia, salah satunya yang baru saja bikin gebrakan adalah Huawei.

Namun, menurut data Counterpoint Research pada raja HP di China bukan Huawei atau merek lokal.

Ini adalah bagian dari basis data komprehensif berdasarkan pelacakan volume penjualan ponsel pintar (smartphone) oleh Counterpoint berdasarkan survei saluran dan triangulasi dengan sumber sekunder lainnya di 50 lebih negara.

Dalam data tersebut, ponsel dengan penjualan terbaik di China periode Oktober 2023 yang dipublikasikan pada Desember 2023 adalah iPhone 15 Pro Max dengan 5 persen sales share.

Sementara Huawei Mate 60 Pro di posisi kedua dengan sales share 4 persen. Kemudian disusul oleh iPhone 15 yang memiliki sales share yang sama.

Di posisi keempat dan kelima masing-masing memiliki sales share 3 persen yakni HONOR X50 dan iPhone 15.

Sekedar informasi, Huawei Mate 60 Pro merupakan ponsel ‘misterius’ yang penuh gebrakan. Kehadirannya menjadi tanda kemenangan raksasa China tersebut atas Amerika Serikat (AS). Peluncuran HP teranyar itu berselang empat tahun setelah Huawei masuk daftar hitam pemerintah AS.

Satu hal yang membuat AS berang adalah kehadiran chip Kirin 9000s di dalam ponsel tersebut. Saat peluncuran, Huawei tak mengungkapkan jenis chip yang digunakan dan menolak mengonfirmasi bahwa Mate 60 Pro sudah mendukung jaringan 5G.

Berdasarkan teardown yang dilakukan firma riset Tech Insight, terungkap pembuat CPU Kirin 9000S adalah Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC).

AS menuduh produksi chip 7nm yang sudah mendukung jaringan 5G tersebut melanggar sanksi AS yang diluncurkan pada Oktober lalu.

Huawei Mate 60 Pro memiliki luas layar 6,82 inci LTPO OLED dengan resolusi 1212 x 2616 piksel. Layarnya uga telah mendukung refresh rate mencapai 120 Hz.

Terdapat tiga punch hole di bagian depan untuk rumah bagi kamera depan 13 MP (ultrawide), sensor ToF 3D dan fitur keamanan Face ID.

Untuk bagian belakangnya, tiga kamera ditempatkan pada modul berbentuk lingkaran. Terdapat kamera utama 50MP, ditemani telefoto 48MP dan ultrawide 12MP.

Salah satu keunggulan yang dibawa Mate 60 Pro adalah dapat melakukan panggilan satelit. Huawei menghadirkan empat pilihan warna yakni hitam, putih, hijau dan ungu.

Mate 60 Pro hadir dengan RAM 12 GB dan tiga pilihan penyimpanan yakni 256GB, 512GB dan 1TB. Harganya sendiri dibanderol 6.999 yuan atau Rp 14,6 juta. https://lakbanhitam.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*