Top! Jokowi Mau Panen Lagi 3 Tol Baru Trans Sumatera

Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah bakal menambah pengoperasian ruas tol baru di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di tahun 2024 ini. EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tjahjo Purnomo memperkirakan akan ada tiga tol baru yang sudah siap beroperasi.

“Diperkirakan pada tahun 2024, sejumlah ruas tol yang siap dioperasikan yakni Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura, Tol Bangkinang – Koto Kampar, serta Tol Tebing Tinggi – Sinaksak yang dikelola oleh PT Hutama Marga Waskita (Hamawas),” kata Tjahjo kepada CNBC Indonesia, Rabu (3/1/2024).

Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura sejauh 19 Km sudah beroperasi secara fungsional sejak tanggal 23 Desember 2023 selama momen libur Nataru 2023/2024. Di jadwal awal, tol ini beroperasi secara fungsional hingga besok, Rabu (4/1/2023), namun kini diperpanjang satu pekan ke depan hingga 10 Januari 2024.

Tjahjo mengklaim Ketahanan dari jalan tol ini tidak perlu diragukan lagi karena dibangun menggunakan teknologi Lead Rubber Bearing (LRB) atau bantalan karet inti timbal, menambah umur ketahanan jembatan, serta memiliki keamanan struktur yang lebih kuat saat terjadi gempa.

Tol Trans Sumatera telah beroperasi sepanjang 596 km. (Dok. Kementerian PUPR)

Tol Bangkinang – Koto Kampar sepanjang 24,7 Km juga beroperasi secara fungsional. Tol ini terhubung dengan Tol Pekanbaru – Bangkinang yang sebelumnya telah beroperasi sejak Oktober 2022. Melalui jalan tol ini, perjalanan Pekanbaru ke Koto Kampar atau sebaliknya dapat menghemat waktu dari semula 1 jam menjadi hanya 15-20 menit.

Sementara Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi -Parapat (Kutepat) dibangun guna mendukung konektivitas menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) DanauToba, khususnya wisatawan dari Kota Medan,Sumatera Utara. Ditargetkan konstruksi jalan tol mulai dari Kuala Tanjung – Tebing Tinggi hingga Gerbang TolSinaksak di KabupatenSimalungun selesai 100% pada akhir 2023.

Tol Kuala Tanjung -Tebing Tinggi – Parapat memiliki total panjang 143,25 km dibangun dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) oleh BUJT PT Hutama Marga Waskita. Pembangunannya terbagi menjadi 6 seksi, yakni Seksi 1 Tebing Tinggi – Indrapura sepanjang 20,4 km saat ini sudah selesai 100%, Seksi 2 Indrapura – Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km, Seksi 3 Tebing Tinggi – Serbelawan sepanjang 30 km , dan Seksi 4 Serbelawan – Pematang Siantar sepanjang 28 km.

Sedangkan Seksi 5 Pematang Siantar – Seribudolok dan Seksi 6 Seribudolok – Parapat diproyeksikan sepanjang 50 km yang merupakan dukungan pemerintah masih dalam tahap finalisasi desain.

Ketiga tol ini baik Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura, Tol Bangkinang – Koto Kampar, serta Tol Tebing Tinggi – Sinaksak ditargetkan beroperasi pada tahun ini yakni sebelum Presiden Joko Widodo lengser dari jabatannya. Kepala Negara juga diperkirakan yang bakal meresmikan langsung tol ini.

“Adapun terkait dengan rencana peresmian tersebut, sepenuhnya menunggu konfirmasi jadwal dari RI 1,” kata Tjahjo. https://berharaplahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*